Mencoba Keturunan Indonesia


Sea Games 2007 akan berlangsung di Thailand 7-16 Desember 2007. Tentunya persiapan sudah dimulai dari sekarang. Bagaimana dengan tim sepakbola kita?

Tim U-23

Kita sudah kangen dengan gelar juara sebuah event, sudah lama kita tidak mendengar ada sebuah kesuksesan yang diterima oleh tim nasional sepakbola negara besar ini. Peluang itu selalu ada, namun dengan alasan kurang persiapan, kita selalu gagal dalam sebuah event. Sebuah alasan klasik yang entah di buat-buat sebagai pembenaran kegagalan atau memang itu sebuah kelemahan dari Indonesia.

Apakah kita masih berharap dengan tim yang berlatih di Belanda itu? Saya harap sih tidak. Jangan dilihat dari ketenaran tempat latihannya, kita lihat hasil dari Asian Games dan pra- Olimpiade kemaren. Dan sekali lagi bukan masalah kegagalannya, kita liahat saja permainannya yang masih sangat amburadul, entah kemana uang bermilyar-milyar yang dihabiskan di Belanda itu.

Berharap adanya malaikat penolong!

Malaikat penolong, hmm… sebuah keputus asaan kah? Tidak! Kita harus selalu optimis. Saya ingin memperkenalkan dan mengingatkn kembali beberapa pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri, walaupun masih level junior sih. Mungkin mereka bisa menjadi malaikat penolong sepakbola Indonesia.

Radja Nainggolan.
Radja Nainggolan Pemain ini bermain di Piacensa, serie B Italia. Lahir pada tanggal 4 Mei 1988. Dia berayah seorang Indonesia dan Ibunya berasal dari Belgia. Sampai sekarang dia masih warga negara Belgia. Namun kita masih bisa berharap dia mau menjadi warga negara Indonesia dan meninggalkan kewarga negaraan Belgia. Karena hukum di Indonesia melarang kewarga negaraan ganda. Radja Nainggolan adalah pemain tengah. Tinggi tubuhnya hanya 175, memang pendek untuk ukuran pemain Eropa. Namun tentunya ada sesuatu yang menonjol dari pemain ini sehingga tim Piacenza mau merekrutnya.

Irfan Bachdim
Irfan Bachdim Tentunya kita sudah sering mendengar nama pemain ini. Ya, ketika tim u-23 kita berlatih di Belanda untuk dipersiapkan ke Asian Games, pemain ini sempat ikut berlatih bersama. Namun karena kabarnya cedera, pemain ini tidak diikutsertakan. Kabar terakhir, pemain ini tidak mau lagi bermain untuk Tim Indonesia walau pada awalnya sangat berminat sekali. Pemain ini berposisi sebagai penyerang lobang. Irfan lahir pada tanggal 11 Agustus 1988, bentar lagi ultah ya. Tingginya 178, lumayan lah dibanding pemain Indonesia lainnya. Irfan kini bermain di klub divisi 1 liga Belanda.

Donovan Partosubroto
Donovan Partosubroto Pemain ini berposisi sebagai kiper. Dia kini bermain di Ajax Junior. Sejak usia delapan tahun dia sudah dilirik oleh tim pencari bakat Ajax. Kini dia berusia 18 tahun. Ayahnya merupakan orang Indonesia yang beristrikan warga negara Belanda. Donovan mempunyai kembaran yang juga seorang pemain bola, namanya Vincent Partosubroto. Vincent adalah seorang penyerang, dia bermain di Klub FC Hoofdorp.

Masih Philip Adam Cave, pemain juniar Newcastle United yang menurut kabar, memiliki ibu berdarah Indonesia, dan sangat ingin bermain untuk Indonesia. Philip Adam Cave bermain sebagai bek/pemain belakang.

Disamping itu masih puluhan pemain keturunan lainnya yang terpencar-pencar di belasan kub Liga Belanda, baik yang masih berstatus yunior mau pun sudah terbilang berpengalaman. Diantara mereka yang namanya cukup dikenal di sana adalah Donovan Partosubroto yang baru berusia 17 tahun dan menjadi kiper di klub Ajax yunior. Nama-nama lainnya adalah, Raphael Tuankotta (21, Volendam yunior), Justin Tahaparry (21, FC Eindhoven), Estefan Pattinasarani (17 tahun, AZ Alkmaar), Marvin Wagimin (17 tahun, VVV Venlo), Tobias Waisapy (18, Feyenoord yunior), Raymon Sosroredjo (17, Vitesse yunior).

Tergantung Lobby PSSI
Ya, kita hanya bisa berharap adanya lobby dari PSSI untuk menarik mereka bermain bagi tim nasional Indonesia. Lobbying sangat penting mengingat mereka juga belum tentu tahu tentang sepakbola Indonesia, bahkan mungkin tidak tahu tentang Indonesia, mungkin saja yang mereka kenal hanya Bali hehehe….
Bagaimana PSSI, sudah lama tidak terdengar kabar perutusan untuk melobi mereka?

Gambar nyolong dari sini, sini dan disini.

30 Tanggapan

  1. aku kok pesimis ya… mereka sangat-sangat bagus tapi hal ini bukan hanya wewenang PSSI, paling besar adalah negara yang harus melirik mereka.. PSSI kadang ‘sengaja’ melupakan mereka dengan beragam alasan yang tidak pernah jelas seperti kasus Irfan Bachdim, entah kenapa sampai dia tidak mau ikut lagi dalam Timnas, bagi saya kayaknya dia sudah mempunyai pandangan yg kurang bagus terhadap orang2 di Timnas, bukan timnas nya dan hal ini seharusnya jadi pelajaran bagi PSSI dan terutama negara sehingga tidak terjadi hal-hal seperti itu.

    Yah, akhirnya nanti kepentok dengan tidak diijinkannya kewarganegaraan ganda ya om?

  2. sampeyan keturunan apa mas?
    eh, salah.. keturunan dari mana nding?


    Ooo…saya keturunan kutut campur prenjak mbah, hehehe

  3. yakin, mereka mau?
    paling juga milih kebuleannya…

    *semoga aku salah*

    Semoga anda belum benar…hehehe…

  4. Sebenarnya mereka mau masuk Indonesia. Maksud saya masuk jadi pemain Indonesia. Hanya saja mereka perlu paspor ganda, dan setidak tau saya. Indonesia tidak memperbolehkan paspor ganda. Makanya mereka ga mau main jadi pemain Timnas sepakbola Indonesia……

    Mbetul itu mas, kenapa ya Indonesia menolak kewarganegaraan ganda? Tau jawabnya ngga?

  5. Wah masindra, duitnya untuk berburu pemain keturunan Indonesia sudah habis buat rapat di Salemba ama bang Nurdin… Apalagi sekarang pengurus PSSI sedang ‘patungan’ untuk nebus bang Nurdin keluar dari Salemba… Biar nggak kena sanksi FIFA… hihihi….

    …oalah betul itu om, lha mbok ya bang Nurdin legawa buat mengundurkan diri ya…emang bisa memimpin organisasi sebesar PSSI da ri balik jeruji besi. Saya yakin bang Nurdin cinta sepakbola Indonesia, dan siap mengundurkan diri demi kemajuan sepakbola Indonesia. Betul ngga bang Nurdin?

  6. Ada berita cukup hangat, saat ini sedang disusun tentang diperbolehkannya kewarganegaraan ganda khusus untuk orang2 blasteran..

    oya? dimana mas?

  7. Saya sangat setuju jika PSSI mau merekrut pemain Belanda keturunan Indonesia. Agar sepak bola kita disegani lagi. Terutama bagi keturunan Indonesia yang berdarah Ambon-Maluku. Karena yang saya tahu banyak orang Maluku yang menjadi pemain sepak bola di sana. Tolong PSSI, katakan kpd mereka, kami orang Ambon-Maluku sangat ingin melihat mereka membela tim Merah-Putih. Bilang kpd mereka juga untuk mau mengangkat nama besar Maluku di sepak bola Indonesia yang sudah lama hilang, dan nama besar Indonesia di Sepak Bola Dunia. Bravo Maluku… Bravo Tim Merah-Putih Indonesia…

    Weks… bagus lah, coba mungkin yang masih ada hubungan kerabat keluarga ikut membantu PSSI buat meyakinkan mereka untuk mau membela merah putih, betul begitu om?

  8. kalo menurut aku, Radja paling potensial. Karena ayahnya si radja sendiri skrg ud cerai sama ibunya dan tinggal di Bali. si ayah bilang kalo radja masi bingung dan ingin main utk indonesia, tp dia ga mau ngelepasin kewarganegaraan Belgia juga. Jadi harus gerak cepat PSSI yg menentukan ni.

  9. aparaku radja nainggolan, pasti mau lah dia itu maen untuk indonesia, kalau di kami batak bilang “MAKULING MUDAR I” jadi berbicara hatinya itu untuk kembali ke tanah kelahirannya, ya muda2 han aja ya temen2 dia ingat masakan khas bapaknya, SANGSANG, NANIURA, dan mungkin dari situlah kita doakan semoga dia mau maen buat TIMNAS KITA, sekali lagi, SALUTE TO APARAKU RADJA NAINGGOLAN, sian adekmu ALFONTUS NAINGGOLAN, horas, mauliate

  10. apakah berita tentang pemain keturunan Indonesia juga sampai ke bapak presiden?
    saya pikir percuma saja kita mencari-cari berita tentang pemain-pemain sepak bola keturunan Indonesia yang berlatih atau bermain di Eropa klo dari pihak PSSI sendiri tidak menyampaikannya kepada RI 1. Mungkin kita sebagai pecinta sepakbola Indonesia bisa menjadikan isu tentang mereka untuk memilih presiden mendatang, jadi kita wajib menanyakan apakah mau presiden mendatang memberikan kewarganegaraan Indonesia kpd pemain-pemain keturunan Indonesia tersebut.

  11. bagaimana klo aturan tentang pemain asing kita akali dengan merekrut pemain-pemain keturunan Indonesia, walaupun ada yg main di divisi rendah tp kalo kualitasnya bagus, tp saya yakin kualitas mereka tetap lebih bagus dari pada pemain timnas kita yg sekarang karena kualitas didikan eropa sangat berbeda sekali dengan didikan sepakbola dalam negeri, saya rasa karena masih ada keturunan Indonesia semoga tidak dianggap sebagai pemain asing. Sehingga mereka juga dapat mengenali negara asal leluhurnya. Selain itu kenapa di sepakbola Indonesia tidak mau menggunakan pemain “Indo”, masak kalah sama dunia sinetron yg rame-rame menggunkan pemain “Indo” ato bahkan dibela-belain sengaja mencari muka bule untuk mendukung sinetron mereka.

  12. yaaaaah ..

    percuma pemainnya bagus tp kompetisi qt masi bingung gini ..

    optimis deh!

    semoga ISL ni bisa kasi radja2 yang laen ..

    tul gak?!!!

  13. mereka tu isin mas maen bwt indonesa.ketuane wae napi

  14. panggil aj nyonk ambon yg maen di hoLLand…kan byk tuh,,,

  15. telanjur maen buat indonesia
    telanjur jadi watrga negara indonesia
    indonesianya malah bangkrut
    atawa malah bubar karena chaos
    liat aja tu berita di tv dimana mana kekerasan

    mending jadi warga negara bule lah

    kapan yah ditawari jadi WNI (warga negara itali)?

    hehhe

  16. masak Indonesia nggak mau mencontoh negara lain yang memakai pemain yang memiliki keturunan atau memiliki darah negara tersebut seperti Singapura(Daniel Bennett), Guinea Equatorial(Yago Alonso, Benjamin Zarandona, Javier Garcia), Philippina(Philip Younghusband), Jepang(Marcos Tulio Tanaka)atau Italia(Mauro Camoranesi)??? gimana?? moga2 aja semua keturunan Indonesia di luar negeri mau memperkuat Indonesia.

  17. pasti ada alasannya kenapa mereka(para pemain keturunan Indonesia) tidak mau atau menolak memperkuat Timnas Indonesia

  18. menurut saya pemain blesteran ini cukup berkualiatas
    dasar pssi na ja yang begok g mau memanggil merka
    lu aq yg jdi psssi pasti akn aq panggil meereka untu membela negara indonesya

  19. hmm PSSI…kalau misalnya strukturnya dibenahin,mungkin Indonesia sudah berjaya..Orang-orang yang nyari duit dari PSSI inilah yang bikin sepakbola kita hancur…Talenta pemain kita sebenarnya oke punya,liat aja pemain2 dari Papua…

  20. kalo masing masing lini punya pemain berpengalaman tentunya kita bisa membentuk tim nas yang tangguh.. sekarang diasia tenggara aja kita bukan lagi singa melainkan kucing

  21. gaet aja semua bosss

  22. tolong dong PSSI pangil pemain2 itu ke indonesia setidaknya ikut berlatih bersma timnas biar indonesia lebih bagus dan lebih solid lagi
    dan berharap para pemain yang berlaga di eropa mau menira untuk bermain bersama timnas indonesia amin……

  23. buat apa main d indonesi,,?? kompetisinya aja g jelas.

  24. hah………………………mau berharap pssi mau bujuk mereka untuk jdi warga negara kita itu kayak y ngak mungkin bakal terjadi kalau masih nurdin halid jdi ketua pssi dan para pembantu y yang hanya mencari uang tpi bkan mencari prestasi untuk negri…………….
    liat ja liga kta yang ancur krna ketidak becusan mereka,timnas kita yang tak berprestasi itu contoh dri hasil kerja mrka……………..

    tolong sbgai orang yang bermartabat dan berpendidikan berikanlah yang terbaik untuk negrimu dan negaramu ini agar kelah anak,cucu dan penerusmu bangga dengan apa yang kau kerjakan bukan ingat dengan keburukanmu…………………………..

  25. PSSI adlh kumpulan pencari uang,bukan mau memajukan sepak bola kita..Sempak Bola iya…

  26. nanti kalau dah pensiun bisa jadi model ato nyambi jadi model, orang indonesia kan sukanya yang bule2, tenang saj abiut masadepan di sini…

  27. Sabar Menanti.
    Biar aja dulu para pemuda yang bertalenta memperdalam pengalaman. Kesian kalo diganggu. Abis tu kita tunggu ampe pensiun merekanya. Kalo dah banyak pengalaman dan duit, kali aja mao jadi pengurus pssi, ato menejer, ato coach, ato bikin cekolah bola. Sabar, sabar.🙂

  28. gw liat tulisan ini dmuat thn 2007… sekarang Radja Nainggolan sdh menjadi pemain yg paling diandalkan di clubnya dan berkompetisi di Seri A Italia, juga sudah menjadi langganan Timnas Belgia… walau dia lebih memilih Belgia dibanding Ina… tp gw bangga aja sebagai org batak… ada Nainggolan yg berjibaku dengan Gennaro Gattuso di siaran langsung televisi beberapa waktu yg lalu… hebat…

    • Benar, Radja Nainggolan kini menjadi pilar lini tengah tim Serie A, Cagliari. Kini memang sudah tidak mungkin lagi Radja Nainggolan membela Indonesia karena sudah bermain 1 kali untuk timnas senior Belgia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: