Info Mudik


Sebelumnya tanpa bermaksud untuk menafikan makna puasa (selamat berpuasa bagi kawan-kawan yang menjalankannya), saya kok rasanya ingin menuliskan sakit kepala saya melihat dan mendengar antrian tiket mudik lebaran yang sudah dimulai beberapa saat lalu. Teganya lagi, banyak manusia tak bijak yang memanfaatkan situasi ini untuk memperoleh keuntungan (baca:calo). Banyak nya manusia yang ingin mudik menjadi pendorong munculnya trend musiman seperti calo ini.

Mudik memang sudah menjadi bagian budaya bangsa Indonesia, bahkan (katanya) di negara asal umat Muslim di Arab sono. Budaya mudik ini hampir tidak sefenomenal di Indonesia. Entah mengapa banyak anak manusia rela mengantri berhari-hari bahkan mengeluarkan uang yang semestinya dapat diperuntukkan bagi kebutuhan lain untuk mudik.
Saya mencoba untuk menuliskan beberapa alasan orang untuk mudik, walau sekedar bercandaan saja.

5 Alasan orang kenapa memilih mudik:

1. Ingin bersilaturahmi dengan keluarga sambil saling bermaaf-maafan.
2. Kangen dengan suasana kota lain, mumpung libur.
3. Mumpung banyak duit habis dapat THR, bisa pamer ke tetangga kalau sukses merantau.
4. Pengen ngerasain macet dan berdesak-desakan.
5. Ikut-ikutan.

Yang lebih ekstrem lagi, kangen ama mantan pacar di desa hehehe…
Kalau saya? Mudik? Karena disuruh orang tua, katanya dah lama pergi dari rumah pengen lihat bentuk saya sekarang…wekekeke…

Saya tidak akan menjustifikasi mudik itu benar atau tidak, saya hanya sekedar menyampaikan uneg-uneg saya betapa sulitnya hanya untuk kembali ke kampung halaman saya di Jogja. Nampaknya fenomena -budaya mengalahkan rasio- nampak sekali di Indonesia.

Kembali lagi saya nyolong gambar, nah gambar itu saya colong disini lho.

7 Tanggapan

  1. Kalau saya Mudik dekat.. Bisa Jalan Kaki..! jadi tidak perlu antri dan berantem sama calo Tiket..
    Semarang – Cianjur… jalan kaki… wi..ki.kwiii

    Semarang-Cianjur mas? walah…ngga gempor tuh kakinya?😆

  2. Lah daripada saya lebaran di Jakarta sepi? Mending juga mudik, rame.. ketemu keluarga.. siapa tau masi ada yang berbaik hati ngasi angpauw hehehe…

    salam kenal mas, makasyi uda mampir di blog saya🙂

    sama-sama…situ mengingatkan saya pada… hehehe…

  3. Wah, kalo tiket kereta mulai 7-Okt udah habis mas. Tinggal nunggu tiket langsung sama kereta tambahan🙂


    wadow…kayaknya saya mau pakai kendaraan pribadi aja deh mas, capek gpp lah…

  4. Ada calo tuh, nawarin Taksaka di tempat saya.

    harganya jadi berapa tuh mas? nangkap satu calo dapat 1 juta lho….

  5. mohon maaf mas Indra, Siw lagi sibuk TM…jadi ndak bisa komen
    😎
    :mrgreen:

    ini namanya klo bukan komen apa?😛

  6. Poin 3 bagus tuch hehehe …

    kebanyakan gitu ya om?

  7. Untuk para pemudik, kami ucapin selama mudik, bila capek/ mengantuk, silahkan istirahat di Wisma Sakinah Semarang, phone 0247623460 atau visit : http://wisma-sakinah.com

    Ndak apa-apa lah ada yang numpang ngiklan, itung-itung bantu sodara…wekekeke

Tinggalkan Balasan

