Indonesian Football Association(PSSI):Menuju Pentas Dunia 2010, mungkinkah?


Indonesia bertekad menuju pentas dunia. Misi besar itu diusung ketika liga dirilis 27 November 1994 di Jakarta. Dalam manual liga ketika itu, ditargetkan setidaknya pada Piala Dunia 2006, paling lambat 2010, nama Indonesia sudah masuk line up tim-tim kontestan putaran final Piala Dunia. Namun bagaimana kenyataannya?

Berbagai cara telah dilakukan, mulai dari mengirimkan pemain muda ke luar negeri (mulai dari proyek Primavera di Italia sampai pelatihan 5 bulan di Belanda sebelum kualifikasi Asian Games kemarin, hingga rencana berangkat ke Argentina 22 September 2007 mendatang). Indonesia juga sedang mencoba menaturalisasi 7 pemain Brasil yang masih menjadi perdebatan seru, serta mencoba memanggil para pemain keturunan Indonesia yang merumput di Eropa. Namun apalah artinya itu semua tanpa komitmen, kinerja dan implementasi (baca:kompetisi lokal)yang baik dari para penggerak roda sepakbola Indonesia. Sedikit pesimis, namun tampaknya target yang diusung 13 tahun yang lalu itu tak akan terwujud. Bolehlah kita berharap munculnya keajaiban dengan hadirnya euforia semangat timnas senior di Piala Asia lalu.

Indonesia di peringkat 22 Asia

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan daftar unggulan dan proses babak kualifikasi zona Asia untuk Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Penentuan daftar unggulan ini berdasarkan hasil dari Piala Dunia Dunia 2006 Jerman, dan pertandingan regional lainnya. Berdasarkan daftar unggulan ini, Indonesia kini berada di posisi ke-22 untuk kawasan Asia. Menurut ketentuan FIFA, mungkin Asia hanya mendapat jatah 5 tim yang berhak ikut putaran final Piala Dunia 2010. Semakin sulitlah sepakbola tercinta kita ini menapak jalan terjal menuju Piala Dunia.
Untuk menuju kesana saja, sebelumnya Indonesia harus berjuang dengan berat untuk melewati tim-tim yang relaltif lebih kuat dari Indonesia. Dengan hanya berada di peringkat ke 22, Indonesia harus menghadapi salah satu unggulan yang menghuni peringkat 6-24. Setelah itu baru akan dihadapkan dengan tim yang menempati unggulan 1-5. Berikut ini daftar unggulan untuk pra-Piala Dunia Afsel 2010.

DAFTAR UNGGULAN ASIA

1. Australia, 2. Korea Selatan, 3. Arab Saudi, 4. Jepang, 5. Iran, 6. Bahrain, 7. Uzbekistan, 8. Kuwait, 9. Korea Utara, 10. Cina, 11. Yordania, 12. Iraq, 13. Lebanon, 14. Oman, 15. Uni Emirat Arab, 16. Qatar, 17. Suriah, 18, Palestina, 19. Thailand, 20. Turkmenistan, 21. Tajukistan, 22. Indonesia, 23. Hong Kong, 24. Yaman, 25. Vietnam, 26. Kirgistan, 27. Maladewa, 28. India, 29. Singapura, 30. Sri Lanka, 31. Malaysia, 32. Taipei, 33. Banglades, 34. Makao, 35. Pakistan, 36. Afganistan, 37. Mongolia, 38. Guam, 39. Nepal, 40. Kamboja, 41. Bhutan, 42. Myanmar, 43. Timor Leste.

Ah…kayaknya melihat timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia 2010 (apalagi Ketum PSSI Nurdin Halid sedang tersandung sebuah kasus) seperti mimpi di siang bolong. Itu menurut saya, bagaimana dengan anda?

Referensi:
PSSI
Suara Merdeka
Kompas
dan gambar itu dari sini

Serta tidak lupa, sya butuh saran dan masukan…buat saya dan sepakbola Indonesia tentunya dari mas dan mbakyu berikut ini:
Om Bambang Haryanto
Om Joy Setiawan
Tante Eca
Om Pelantjong Maja
Om Herman Pratikto

Yang lain juga boleh ikut acara sambung rasa ini kok, silahkan…

8 Tanggapan

  1. Lihat para pemain sepakbola Indonesia sekarang tampaknya ada kemajuan, mungkin tinggal manage nya aja yang kurang beres.
    Tapi kalau untuk 2010 kayaknya terlalu cepat buat Indonesia… *rada pesimis*

    Semoga saja memang ada kemajuan. 2010 memang ga mungkin kayaknya, tapi 2014 mungkin saja lebih ga mungkin hehehe… semoga tidak ya…

  2. Menuju Pentas Dunia 2010

    Ah, susah, susah ….
    Lha wong kemarin PSSI saja rapatnya di Rutan Salemba😆

    memang susah deh kayaknya, trus kapan?

  3. Jujur dari kelas II SMP sampai sekarang saya suka football dan tak terkecuali TIMNAS Indonesia,Namun setiap berita yang saya peroleh mengenai TIMNAS,baik itu melului TV maupun koran,TIMNAS kita selalau kandas di tengah jalan,Bahkan belakangan ini kita selalu di hantui oleh tetangga kita singapura,Ayolah penggawa PSSI tunjukan taringmu khususnya di Asia tengara,dan menuju pentas Dunia.Berilah kado indah untuk BANGSA ini Bravoo PSSI.

    perbaiki fasilitas dulu ya kayaknya, singapura ga ada penonton tapi fasilitas bagus bisa maju!

  4. halo….posting yang sangat bagus, sungguh detil menggambarkan apa yang ingin disampaikan oleh anda…..maju terus pantang mundur, bravo sepakbola indonesia….no anarchism, no rasism……

    Terima kasih pak, mari kita majukan sepakbola, mulai dari yang terdekat dengan kita. Maju Suporter Indonesia!

  5. mungkin ga mungkin…. mungkin aja🙂

    kalo dari sumber daya manusia… indonesia sudah pasti tidak akan kekurangan, mesti bikin ajang kayak indonesia idol kali yah hehehe… biar talenta yang masih tersembunyi, muncul ke lapangan hijau…

    Kayaknya dah ada ya, My Team Indonesia… butuh team pemandu bakat dari AJAX kayaknya…suruh muter2 Indonesia wekekeke..

  6. Bisa? ya Pasti bisa kenapa harus meragukan kemampuan bangsa sendiri. Aku yakin suatu saat nanti Indonesia akan bisa mengikuti piala dunia kapan? MENEKETEHE

    Ngga meragukan kok mas, cuma mempertanyakan…

  7. indonesi kalau ingi wujuti itu ega perlu menaturalisasi pemain sal berasil dia hanya perlu memanggil semua pemain indonesia yng bermain di eropa dan masih memegang paspor WNI okey…………….. dan jangan selalu memakai pemain yg sudah usur yg umurnya di atas 30 tahun

  8. sambung lagi banyak tu pemain mudah indonesia yang main di eropa ……………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: