Analisa Matematis: Pra Piala Dunia 2008-Indonesia vs Syria


Dalam undian babak II penyisihan region Asia, Indonesia (125 rangking FIFA terbaru) berhadapan dengan Suriah atau dalam bahasa internasional disebut dengan Syria (126 rangking FIFA terbaru). Indonesia diunggulkan di tempat ke16 sedangkan Syria di tempat ke 12. Maaf mungkin sedikit terlambat, namun saya akan mencoba memberi sedikit perhitungan secara matematis (meskipun kata orang bola itu bundar, sehingga tidak bisa dihitung secara matematis) peluang timnas sepakbola Indonesia menghadapi Syria (saya sebut Syria saja ya..). Dan harapannya tentu saja lolosnya kesebelasan kesayangan ke babak selanjutnya dimana tim-tim besar Asia sudah menanti.

Babak I pra-Piala Dunia 2008

Pada undian babak I, Indonesia sebenarnya dipertemukan dengan Guam. Namun karena Guam mengundurkan diri maka secara otomatis Indonesia langsung lolos ke babak II. Sedangkan Syria berhadapan dengan Afghanistan di babak I. Syria pada pertandingan pertama yang menggunakan sistem home and away ini mengalahkan Afghanistan 3-0 di kandangnya, Aleppo International Stadium, Damaskus. Gol Syria tercipta di babak kedua oleh Mohamed Al Zeno (Al Majd, Syria) (73, 83 pen) dan Maher Al Sayed (Al Wahda, Syria) (80 pen), keduanya berposisi sebagai striker/penyerang.

Sedangkan pada pertandingan kedua yang berlangsung di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan (karena pertandingan tidak dapat dilakukan di Afghanistan), Syria kembali menundukkan lawannya dengan skor 2-1. Kali ini gol Syria diciptakan oleh Aatef Jenyat (Al Karamah, Syria) (16) dan Feras Esmaeel (Al Karamah, Syria) (63), keduanya pemain tengah. Sebelumnya Afghanistan sempat unggul lebih dahulu pada menit ke15 oleh Obaidullah Karimi.

Nampaknya Indonesia harus berhati-hati dengan pemain tengah dan striker Syria. Dan yang lebih patut diwaspadai adalah tekanan suporter di Syria karena dua (2) gol yang terjadi di kandang mereka adalah berkat hadiah penalti dari wasit. Syria tampaknya terbiasa menggunakan pola 4-4-2, dimana yang patut diwaspadai adalah serangan dari sayap mereka untuk melakukan tusukan dan umpan lambung ke area penalti. Namun lini kedua timnas Syria juga tidak boleh dianggap remeh karena dua gol di leg kedua diciptakan oleh pemain tengah mereka.

Kekuatan Syria

Syria patut diwaspadai karena pada tahun 2005, tim U-20 mereka mampu melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-20, bahkan mereka mampu mengalahkan Italia 2-0 dan terhenti langkahnya dengan hanya kalah dari Brasil 0-1. Beberapa pemain eks Piala Dunia U-20 tahin 2005 ini akan ikut dalam pertandingan yang akan berlangsung di Jakarta (9 November 2007) dan Damaskus (18 November 2007). Pemain yang patut diwaspadai dari eks U-20 2005 adalah Majed Al Haj (Al Jaish, Syria).

Tim senior mereka juga mempunyai rekor bertanding yang tidak terlalu buruk, bahkan boleh dibilang baik. Pada tahun 2007 ini Syria melakukan beberapa pertandingan diantaranya hanya kalah 1-2 dari Arab Saudi dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Damman, Arab Saudi. Di babak kualifikasi Piala Asia 2007 lalu, Iran dan Korea Selatan bahkan mampu mereka imbangi dengan skor 1-1 padahal bertanding di Teheran, Iran dan di Seoul, Korea. Sayang di kandang sendiri mereka kalah dari kedua tim tersebut, sehingga Syria tidak lolos ke putaran final Piala Asia. Bandingkan dengan Indonesia yang kalah dari Korea Selatan 0-1 di perhelatan Piala Asia 2007.

Harapan memang besar, dengan adanya euforia akibat semangat pemain-pemain timnas Indonesia di Piala Asia 2007 yang lalu. Namun menganggap enteng lawan pasti hanya akan menjadi bumerang bagi timnas kita. Kolev harus menghilangkan kebiasaan buruknya yang tidak berani melakukan pergantian terhadap tim utama, eksperimen dan inovasi merupakan kekuatan pelatih dalam membangun sebuah tim.

Prakiraan Pemain:

Syria (4-4-2)

GK. Mosab Balhous (Al-Karamah)
DF. Ali Dyab (Al Majd)
DF. Khaled Mansor Al Baba (Al Taliya)
DF. Feras Esmaeel (Al-Karamah)
DF. Bakri Tarab (Al-Ittihad)
MF. Jehad Alhoussain (Al-Karamah)
MF. Mootassem Alaya (Al-Wahda)
MF. Maher Al Sayed (Al-Wahda)
MF. Wael Ayan (Al-Ittihad)
FW. Ziad Chaabo (Al-Karamah)
FW. Mohamed Al Zeno (Al Majd)

Indonesia (4-3-3)

GK. Markus Horison (PSMS)
DF. Ricardo Salampessy (Persipura)
DF. M. Ridwan (PSIS)
DF. Charis Yulianto (Sriwijaya FC)
DF. Maman Abdurahman (PSIS)
MF. Ponaryo Astaman (Arema Malang)
MF. Firman Utina (Persita)
MF. Mahyadi Panggabean (PSMS)
FW. Elie Aiboy (Arema Malang)
FW. Budi Sudarsono (Persik)
FW. Bambang Pamungkas (Persija)

9 Tanggapan

  1. Daripada gak sabar, tuntaskan saja di Football Manager. Hehehe…

    Saya kok agak khawatir. Ada faktor nonteknis yang besar sedang memainkan peran pentingnya. Sehebat apapun materi pemain kita, kalau nanti PSSI dibekukan FIFA bagaimana Mas?

    Aduhhh…feeling saya kok ga nyampe kalo PSSI bakal dibekukan ya… tapi memang kita butuh pengurus PSSI yang punya kepentingan memajukan sepakbola Indonesia, bukan kepentingan lain.

  2. pengen banget nonton.. tp ga da temennya😦

    kok ngga ngajakin saya

  3. mau tak mau kita harus tetep ngasih dukungan bwt para pahlawan olahraga kita, yg saat ini mungkin lebih tepat kita katakan sebagai “pahlawan tanpa tanda jasa”.
    Berhubung bsk hari pahlawan…hehe..

    hidup Indonesia…

    sayangnya masih banyak yang menolak masuk timnas ya mas… tapi kita tetep dukung kok

  4. wah bagus dibikin sekuelnya nih mas. dari sudut pandang ANALISIS SOSIOLOGIS. pengaruh kisruh PSSI thd hasil RI vs Syria.🙂

    Kalo ANALISA PSIKOLOGIS saja gimana?

  5. Waaa, Indonesia akhirnya dibantai Syria 4-1😥

    Yap…akhirnya….

  6. sing jelas, rumusnya begini:
    1 – 4 = marlboro light😀

    njeh mbah, leres niku…huasem…kalah maning-kalah maning…

  7. ha2…. Indonesia dibantai lagi 0:7? Gimana ya? Apa harus Import Pemain asing? ha2

    biarkan saya memilih pemain dan melatihnya, yakin deh ga bakal dibantai lagi hehehe…

  8. maning-maning kalah sue uwae sampean nda usah mengharap menang uweeeeenak’e
    wakakakak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: