Melihat : Statistik Blog


Statistik blog tentunya merupakan salah satu tujuan ketika para blogger-blogger menulis, walaupun bukan yang utama ya (kayaknya ada beberapa sih yang menganggap itu yang utama, walau tidak mengakuinya hehehe…). Percaya ngga percaya ada kebanggaan tersendiri ketika statistik blog kita membumbung tinggi, situ juga kan, hayoo ngaku!

Bicara masalah statistik blog, saya pernah ngobrol ra mutu dengan teman saya yang sesama blogger newbie, pas saya buka blog saya, temen saya yang rasa pengen tahunya gede itu (kalau ga salah dalam bahasa gaul abege Jakarta disebut Kepo!) bilang gini “bung, lihat statistik blog situ dong!?”, sayanya njawab “halah buat apa?, “ndak kok, pengen tahu aja” timpal temen saya. Setelah itu pembicaraannya seperti ini… (saya=S, temen saya = T)

S : “Ngapain dilihat sih?”
T : “Pengen tahu, sehari blog kamu dikunjungi berapa orang!”
S : “Kalau dah tau mau diapain?”
T : “Ya ngga diapa-apain, wong cuma pengen liat kok”
Setelah itu temen saya ngeliat dan manggut-manggut seakan ngerti sesuatu
S : “Ada apa sih kok manggut-manggut”
T : “Ngga, blog situ baru dibaca sepuluh rebu kali ya?” (-Huasem ngejek nih ceritanya- padahal sepuluh ribu itupun belum tentu dibaca, mungkin aja ada yang salah nge-klik)
S : “Lah trus napa, emang punya situ berapa?”
T : “Wah, saya sudah lima puluh rebong yang baca, pas seharinya pernah dibaca 200an kali” (halah, nggaya banget temen saya ini, belum liat statistik punya seleb blog kali ya, coba klo saya suruh liat statistik disini ini, bisa muntah darah dia)
S : “Wooo…gitu tho, hebat ya situ” (sok muji!)
T : “Ndak kok, biasa aja” sambil ngeloyor pergi (mendongakkan dagu dan berkacak pinggang)
Huasem, saya ceritanya cuma mau dikecrohi gitu tho…

Sejak itu saya nyoba sok mikir, lalu sedikit keminter saya nyoba menganalisa. Hmm… pengunjung blog sehari atau jumlah pengunjung blog itu menurut analisa saya (sok keminter lagi) berasal dari beberapa hal berikut:
1. Jumlah Posting. Jelas ini punya pengaruh besar, sebuah blog yang jumlah postingannya banyak, juga mempunyai kemungkinan untuk di klik lebih banyak.
2. Lama berada di jagat blog. Ini berdampak dari akumulasi klik dan perkenalan dengan para blogger lainnya sehingga akan sungkan klo pas pergi ke dunia maya ngga ngeklik blog yang empunya dia kenal.
3. Nyebar Komentar dan nge-link. Ini juga berpengaruh karena budaya orang itu saling kunjung dan mengunjungi, apalagi orang Indonesia, sungkan kalo ngga balas mengunjungi.
4. Kualitas blog. Nah…ini yang terakhir. Last but not the least.

Meski ada banyak kemungkinan, seperti saya bilang tadi salah nge-klik, tapi menurut saya, 4 hal itulah yang paling berpengaruh. Setelah berhasil mikir gitu saya lalu ke meja temen saya yang tadi…
Pertanyaan saya kemudian beralih, “Bung, satu tulisan kamu sehari paling banyak di-klik berapa kali?”. Temen saya bingung, mlongo dan panas dingin mendengar pertanyaan saya yang tiba-tiba itu. Saya ketemu kayaknya, blog itu bener-bener dihargai (ngga mesti kualitasnya baik juga sih, tapi mengarah kesitu) dari berapa kali sebuah tulisan di klik!(Top Post) Bener ngga ya? Ah Luweh.

6 Tanggapan

  1. kok terakhir lapar sih??
    hahahhahahhahaah

    btw sayah suka jga ngeliat statistik blog sayah jga sih tapi kurang tertarik ama jumlah pengunjungnya lebih tertarik pada dari mana datangnya orang2 yang masuk ke blog sayah.. hehhehehe kalo dari tempat yang belom aku kenal lansung deh aku telusuri..
    selain itu jga kata2 yang sering dicari ke blog sayah 🙂

    Ooo..gitu ya…bener juga tuh…hehehe…

  2. wah kalo saya sendiri ga pernah ngurusin pengunjung, lebih ke komentarnya aja…

    iya, pengunjung ga usah diurusin, ngerepotin…harus bikinin minum, bawain makanan…halah…

  3. Sebagai indikator memang berguna… Menurut saya WP bagus feature nya… 🙂

    Salam kenal mas 😀

    Salam kenal juga mas

  4. kasih gambar, juga membuat posting lebih variatif🙂

    mbetul, apalagi klo gambarnya itu …. hehehe

  5. setuju sama pak HErianto…😉

    hmmm….

  6. salam kenal… isi blognya bagus juga..
    btw, aku sudah tahu bagaimana cara tahu jumlah pengunjung blog. Tapi ada nggak sih cara buat tahu berapa banyak pengunjung tulisan tertentu dalam blog. Thanks

Tinggalkan Balasan

