Selamat Jalan Bapak Soeharto


Setelah dirawat selama kurang lebih 3 minggu, HM. Soeharto, mantan presiden RI ke-2 meninggal kemarin 27 Januari 2008 pukul 13.10. Semoga arwah beliau diterima dan diberikan tempat yang layak di sisi-NYA.

Terlepas dari kontroversi terhadap kasus-kasus yang melibatkan dirinya maupun kroni-kroninya, Soeharto mempunyai jasa yang sangat besar pada bangsa Indonesia. Selama 32 tahun kepemimpinan beliau banyak jasa yang tidak dapat diungkapkan secara serta merta seperti pun kasus-kasus yang melibatkan beliau.

Banyak sekali komentar dan reaksi yang terjadi setelah meninggalnya anak manusia yang diberi gelar Bapak Pembangunan ini. Ada yang meratapi, menangis, melambaikan tangan sebagai salam perpisahan, berduyun-duyun ingin mengikuti upacara melepas kepergian beliau, ada yang biasa-biasa saja, bahkan ada yang tetap berusaha menghujat beliau. Berita yang dirilis detik.com, ada dua sms yang menghimbau untuk menolak hari berkabung nasional untuk menghormati kepergian Soeharto selama-lamanya.

Alangkah bijak apabila para politisi, pengamat hukum dan masyarakat yang menilai dirinya mempunyai kompetensi untuk mengevaluasi dan menilai sepak terjang Soeharto selama berkuasa, untuk sedikit meredam kata-kata dan diam sejenak untuk menghormati jasa-jasa beliau terhadap bangsa Indonesia. Untuk kasus-kasus yang masih ditinggalkan, memang sebaiknya dilanjutkan agar ada kepastian hukum dan pelurusan sejarah. Apakah beliau bersalah atau tidak kita serahkan saja pada hukum manusia yang berlaku di Indonesia. Namun sekali lagi, jangan banyak berkoar, bekerjalah tanpa banyak bicara.

Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga tabah dan merelakan kepergian beliau. Selamat jalan mantan presidenku.

Gambar:
Soeharto: Dari sini

Satu Tanggapan

  1. Kita slalu… berdebat about one person ini ya… om, pahlawan ato bukan….
    Kenalkan, say Wildan Om, masih SMA… mau lulus [mudah- mudahan, tahun ini]…
    Blog saya di multiply… masih baru,
    belajarsastra.multiply..

    Tapi say banyak menggaris bawahi tentang kebiasaan beliau, yang gemar mencari “pengalaman” di dunia tak kasat mata, yang say dengar beliau banyak menggunakan praktek perdukunan…
    dan saya agak menggarisbawahi, tentang konspirasi- konspirasi yang disusun oleh mantan presiden ke II RI ini…

    salam…,

    Jogjakarta… kota… pagi2 (buta?- bakda subuh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: