31 Maret 2008


31 Maret 2008, akhirnya, setelah menunggu selama 9 bulan leArya Yudhistirabih, anakku lahir. Proses kelahirannya harus melalui operasi caesar, hasil USG terakhir 2 lilitan tali pusat melingkar di leher anakku dan presentasi bokong (kata perawatnya bokong yang berada di depan jalan lahir). Saat akan operasi, saya melihat raut wajah istri saya tidak ada rona ketegangan, dia sangat tenang. Saya pun begitu, perasaan kawatir sudah tertelan kebahagiaan akan melihat indra junior lahir.

Bahagia ketika saya melihat bayi yang selama ini berada di perut ibunya meledak tangisnya dan menghirup udara bumi. Seorang lelaki kecil baru lahir. Beratnya 3,5 Kg, dengan panjang 50 cm. Bayi itu rencananya akan diberi nama ARYA YUDHISTIRA.

Anak dan IstrikuKenapa Arya Yudhistira? Kata orang memberi nama anak merupakan doa orang tua bagi anaknya. Tentunya saya juga ingin memberi nama yang penuh makna namun tetap sederhana bagi anak saya. Arya menurut saya adalah sosok seorang laki-laki ksatria, seorang yang mampu mengayomi. Lalu Yudhistira saya ambil dari tokoh pewayangan Mahabarata. Yudhistira adalah anak sulung lima bersaudara yang disebut Pandawa. Sosok Yudhistira adalah seorang ksatria yang ramah dan sangat jujur. Harapan saya dengan menamai anak saya Arya Yudhistira, dia akan menjadi laki-laki yang berkarakter ksatria, mampu mengelola segala kelebihan dan kekurangannya serta menjadi laki-laki yang mampu mengayomi, sopan dan jujur.

Yudhistira (menurut Wikipedia) dalam bahasa Sansekerta artinya adalah “teguh atau kokoh dalam peperangan”. Ia juga dikenal sebagai Dharmaraja yang artinya Raja Dharma, sebab konon Yudhistira selalu menegakkan Dharma sepanjang hidupnya. Beberapa nama julukan juga dimilikinya, seperti misalnya:

* Ajataśatru (seseorang yang tidak memiliki musuh)
* Bhārata (keturunan Raja Bharata)
* Dharmawangsa (keturunan/trah Dewa Dharma)

Yang lebih meyakinkan hati saya adalah, Yudhistira merupakan raja Indraprastha (kota dewa Indra) Hahaha…

Selamat Datang anakku..

5 Tanggapan

  1. Selamat, Mas. Sukses membuktikan diri sebagai lelaki sejati.
    Hehehe…

  2. “Yudhistira adalah anak sulung lima bersaudara yang disebut Pandawa”

    wadow mz masih kurang niy satu anak mz ind ?? Mo empat lagi yaks..wakakaka…

  3. nama anak yang bagus. tar pasti cakep n pinter kaya gw.. hehehh.. bener kog, amin

  4. Dear Mas Indra,
    senangnya nama saya menjadi nama anak Mas Indra. Arti dari nama yang Mas jabarkan Benar-benar sama dengan yang dijelaskan oleh bapak saya yang menyukai kisah ramayana dan mahabarata. Saat ini saya berusia 25 th (per 19 Maret 2009), lumayan jujur sih, tapi suka main kata mungkin berevolusi mengikuti jaman🙂
    Selamat yah, bayi-nya lucu… pasti sudah bisa lari atau banyak bicara yah sekarang.

  5. the name really cool, the boy must be a handsome boy like me ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: