AFF SUZUKI CUP 2008 : Indonesia 0 Singapura 2 (Kalah tapi Hebat!)


Indonesia harus mengakui keunggulan Singapura 0-2 pada lanjutan putaran final grup Piala AFF 2008 di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Kedua gol Singapura dicetak di menit-menit awal babak pertama dan kedua (Baihakki 4′, Jiayi 50′).

Meskipun kalah namun perjuangan pemain-pemain Indonesia patut diacungi jempol, terutama selepas menit ke 60′, dimana pertahanan Singapura diporak-porandakan oleh M. Ilham dan Erol. Sayang meskipun umpan-umpan terobosan berhasil masuk ke kotak penalti namun tidak ada satu gol pun yang tercipta di gawang Singapura.

Hebat!

Harus diakui permainan Indonesia malam ini menampilkan sebuah organisasi sepakbola yang indah. Tidak melulu menyerang namun pola serangan terjalin dengan rapi dari kaki ke kaki, inilah yang sudah lama tidak dimunculkan oleh tim sepakbola kebanggaan kita ini.

Beberapa pemain Indonesia patut mendapatkan pujian kali ini, Firman Utina, M. Ilham, dan pemain pengganti Erol F.X. Iba memberi warna baru bagi permainan tim Indonesia. Sungguh tidak beruntung, ketika permainan dari sisi lapangan begitu hidup, Firman harus ditandu keluar lapangan dan digantikan oleh Syamsul. Mungkin akibat minimnya rotasi membuat daya tahan tubuh Firman menurun sehingga dia tampak sangat kelelahan, untuk berjalan sendiri pun dia tidak mampu.

Meskipun kalah, saya, harus berkata hebat! kepada pemain tim nasional sepakbola kita tersebut. Keberuntungan sedang tidak berada di pihak Indonesia, semoga saja ini menjadi pembelajaran bagi pemain kita bahwa kita bisa bermain dengan baik. Dan hal ini juga menjadi PR bagi Benny Dollo bahwa tanpa pemain yang melulu dia pasang, permainan tetap bisa berkembang. Jangan pernah takut untuk berubah, perubahan inilah yang kita nantikan. Sekali lagi salut!, hebat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: